Pelayanan Konsultasi Taman Obat Keluarga (TOGA) dan Akupresur

Pelayanan Konsultasi Taman Obat Keluarga (TOGA) dan Akupresur, dilakukan oleh 2 tenaga yang tersertifikasi. Pelayanan terdiri dari konsultasi terkait penggunaan tanaman obat untuk penyakit tertentu dengan resep yang telah terstandar, serta pelayanan akupresur yaitu penekanan pada titik-titik tubuh tertentu yang bermanfaat untuk membantu pemulihan penyakit tertentu. Di lingkungan Puskesmas Sumpiuh I juga terdapat sampel Taman Obat Keluarga (TOGA), yang juga digunakan sebagai media edukasi kepada masyarakat.

 

Sertifikat Petugas yang telah mengikuti Pelatihan Asuhan Mandiri Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan Akupresur (1)

 

Sertifikat Petugas yang telah mengikuti Pelatihan Asuhan Mandiri Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan Akupresur (2)

 

Salah satu contoh tanaman obat di lingkungan Puskesmas Sumpiuh I

 

Salah satu contoh tanaman obat di lingkungan Puskesmas Sumpiuh I (2)

 

Halaman depan Puskesmas Sumpiuh I yang digunakan sebagai media penanaman Taman Obat Keluarga (TOGA)

 

Halaman depan Puskesmas Sumpiuh I yang digunakan sebagai media penanaman Taman Obat Keluarga (TOGA)

 

Ruang Konsultasi Toga dan Akupresur (1)

 

Ruang Konsultasi Toga dan Akupresur (2)

 

Ruang Konsultasi Toga dan Akupresur (3)

 

   

 

Poster yang digunakan sebagai media edukasi titik-titik referensi Akupresur

 

 

 

 

       

 

Model Tubuh Manusia Buatan yang digunakan sebagai media edukasi titik-titik referensi Akupresur

 

 

 

STANDAR PELAYANAN KONSULTASI

TAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) DAN AKUPRESUR

PUSKESMAS SUMPIUH I

KABUPATEN BANYUMAS

 

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Dasar Hukum

1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

2. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan

3. Undang-undang Nomor 36  tahun 2009 tentang Kesehatan

4. Permenkes Nomor 43 tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

5. Undang-undang Nomor 36 tahun 2014 tentang Tenaga kesehatan

6. Peraturan Bupati Banyumas Nomor 39 tahun 2014 tentang Tarif Pelayanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas

7. SK Kepala Puskesmas sumpiuh I Nomor 440/SK.02/I/2019 tentang Jenis Pelayanan yang disediakan di Puskesmas Sumpiuh I

8. SK Kepala Puskesmas Sumpiuh I Nomor 440/SK.55/I/2019 tentang Pelayanan Klinis di Puskesmas Sumpiuh I

9. SK Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas Nomot 440/40/V/TAHUN 2019 tentang Tim Pengkajian Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Tradisional Integrasi Di Puskesmas

10.SK Kepala Puskesmas Sumpiuh I Nomor : 800/26.f /I/ 2019 tentang Penunjukan Tim Pelaksana Pelayanan Kesehatan Tradisional Bersifat UKP

2

Persyaratan Pelayanan

1.  Pasien umum : kartu berobat, kartu identitas

2.  Pasien dengan Asuransi Kesehatan : kartu berobat, kartu asuransi (BPJS, KIS, JAMKESDA, dll), kartu identitas Kartu Keluarga

 

3

Sistem Mekanisme dan Prosedur

Pelaksanaan kegiatan

Sesuai dengan Standar Operasional Prosedur Pelayanan Kesehatan Lansia (SOP Terlampir), meliputi:

a.  SOP Alur Pelayanan Ruang Konsultasi TOGA dan Akupresure

b.  SOP TOGA dan Akupresure Mempelancar ASI

c.   SOP TOGA dan Akupresure Asma Bronkhiale

d.  SOP TOGA dan Akupresure Dispepsia

e.  SOP TOGA dan Akupresure Myalgia

f.    SOP TOGA dan Akupresure Cephalgia

g.  SOP TOGA dan Akupresure Gangguan Nafsu Makan

h.  SOP TOGA dan Akupresur Deman Batuk Pilek

i.    SOP Terapi Akupresure HEG

j.    SOP Terapi Akupresure Upaya Berhenti Merokok (UBM)

k.   SOP Terapi Akupresure Dispepsia

 

4

Jangka Waktu Penyelesaian

30 menit

5

Biaya/Tarif

Sesuai Peraturan Bupati Banyumas Nomor 115 tahun 2021 tentang Tarif Pelayanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas

Tarif pelayanan puskesmas sumpiuh I

6

Produk Pelayanan

1.    Konsultasi TOGA

2.    Akupresure

7

Sarana, Prasarana/Fasilitas

1.  Alat Tulis

2.  Patung Akupresure

3.  Buku Konsultasi TOGA

4.  Buku Akupresure

5.  Buku Register / Dokumentasi

8

Kompetensi Pelaksana

1.    Berpenampilan menarik (senyum, salam, sapa, sopan dan santun);

2.    Menguasai Standar Operasional Prosedur;

3.    Memiliki pengetahuan tentang perundang-undangan terkait standar pelayanan minimun dan informasi publik;

4.    Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dengan baik;

5.    Mampu berkoordinasi dengan efektif dan efisien;

6.    Memiliki kemampuan kerjasama tim;

7.    Mampu mengoperasikan komputer;

9

Pengawasan Internal

1.    Kepala Puskesmas melakukan pengawasan periodik melalui rapat bulanan maupun triwulanan dan rapat sewaktu-waktu dalam keadaan yang dianggap penting;

2.    Kepala Puskesmas melakukan pengawasan secara langsung kepada Penanggung Jawab Upaya maupun Pelaksana Program

10

Penanganan, Pengaduan, Saran dan Masukan

1.    Secara langsung melalui Tim Aduan dan Penanganan Keluhan Pelanggan di Puskesmas;

2.    Secara langsung melalui nomor telepon (0282) 497528;

3.    Tertulis dalam bentuk surat yang ditujukan kepada Kepala Puskesmas Sumpiuh I, Kabupaten Banyumas;

4.    Melalui email dengan alamat puskesmassatusumpiuh@yahoo.co.id

5.    Melalui website puskesmas1sumpiuh.banyumaskab.go.id

6.    Melalui instagram dengan alamat puskesmas_sumpiuh_i

7.    Melalui facebook dengan alamat PUSKESMAS SUMPIUH I

11

Jumlah Pelaksana

1 (satu) orang

12

Jaminan Pelayanan

1.    Pelayanan dilaksanakan oleh petugas pelayanan sesuai dengan kompetensinya

2.    Petugas pelayanan melaksanakan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan dan standar operasional prosedur

3.    Dilayani oleh petugas yang memiliki sikap cerdas, integritas, profesional, ramah, tanggung jawab dan prima

13

Jaminan Pelaksana dan Keselamatan Pelayanan

1.    Produk layanan dijamin dengan petugas yang telah memiliki kompetensi

2.    Produk layanan dijamin dengan petugas melakukan pelayanan sesuai dengan standar operasional prosedur

3.    Keselamatan pasien diutamakan dalam proses pelayanan

4.    Pencegahan dan pengendalian infeksi dutamakan dalam proses pelayanan

14

Evaluasi Kinerja Pelayanan

1.    Evaluasi kinerja dilakukan melalui Survei Kepuasan Masyarakat yang dilakukan setiap enam bulan sekali, kemudian disusun laporan hasil survei kepuasan masyarakat setiap enam bulan sekali.

2.    Evaluasi dilakukan melalui rapat evaluasi yang dilaksanakan secara periodik

3.    Evaluasi dilaksanakan melalui pengawasan dari atasan langsung terkait kinerja dan kedisplinan

 

.