Pelayanan Kesehatan Ibu dan KB

Pelayanan Kesehatan Ibu dan KB dilakukan oleh bidan yang memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) serta Surat Ijin Praktek Bidan (SIPB). Fasilitas dalam ruang pemeriksaan kesehatan ibu dan KB yaitu 1 kursi gynekologi, tempat konsultasi kesehatan ibu dan KB.

Ruang konsultasi Kesehatan Ibu dan KB

 

Tempat Pemeriksaan Kesehatan Ibu dan KB

 

Tempat Konsultasi hasil Pemeriksaan Kesehatan Ibu dan KB

 

 

STANDAR PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN KB

 

1. STANDAR PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Dasar Hukum

1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

2. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan

3. Undang-undang Nomor 36  tahun 2009 tentang Kesehatan

4. Permenkes  Nomor 43 tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

5. Undang-undang Nomor 36 tahun 2014 tentang Tenaga kesehatan

6. Peraturan Bupati Banyumas No: 39 tahun 2014 Tarif Pelayanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas

7.  SK Kepala Puskesmas Sumpiuh I No: 440/V/SK.03/I/2016 tentang Mekanisme komunikasi dan Koordinasi Program Puskesmas

 Sumpiuh I

8.  SK Kepala Puskesmas Sumpiuh I No: 440/V/SK.02/I/2019 tentang jenis pelayanan yang disediakan di Puskesmas Sumpiuh I

9.  SK Kepala Puskesmas Sumpiuh I No: 440/V/SK.47/I/2019 tentang Pengelolaan dan Pelaksanaan Upaya Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Sumpiuh I

2

Persyaratan Pelayanan

1.  Pasien umum: kartu berobat, kartu identitas

2.  Pasien dengan Asuransi Kesehatan: kartu berobat, kartu asuransi (BPJS, KIS, JAMKESDA, dll), kartu identitas Kartu Keluarga

3.  Membawa Buku KIA bagi ibu hamil

4.  Membawa buku KIA/KMS bagi bayi yang mau di imunisasi

3

Sistem Mekanisme dan Prosedur

Sesuai dengan Standar Operasional Prosedur Pelayanan kesehatan ibu dan anak ( SOP terlampir ) meliputi :

1.    SOP pemeriksaan ibu hamil

2.    SOP pemeriksaan ibu hamil dengan faktor resiko

3.    SOP pengelolaan HT dalam kehamilan

4.    SOP pengelolaan anemia pada kehamilan

5.    SOP konseling Kespro dan KB

6.    SOP pelayanan ibu nifas

7.    SOP pengukuran Lila

8.    SOP imunisasi

4

Jangka Waktu Penyelesaian

10 menit sampai dengan 20 menit

5

Biaya/Tarif

Sesuai peraturan Bupati Banyumas No. 115 Tahun 2021 tentang tarif Pelayanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas

 Tarif pelayanan puskesmas sumpiuh I

6

Produk Pelayanan

1.    Pemeriksaan ibu hamil

2.    Pemeriksaan ibu hamil dengan faktor resiko

3.    Pengelolaan HT dalam kehamilan

4.    Pengelolaan anemia pada kehamilan

5.    Pelayanan ibu nifas

6.    Konseling Kespro dan KB

7.    Pengukuran Lila

8.    Pelayanan imunisasi bayi

 

7

Sarana, Prasarana/Fasilitas

1.    Meja priksa / tempat tidur priksa

2.    Lampu periksa

3.    Tensimeter

4.    Stetoskop

5.    Dopler / Linek

6.    Metlin

7.    Reflek hammer

8.    Alat pengukur TB

9.    Alat penimbang BB

10. Pengukur Lila

11. Thermometer

12. Gunting verband

13. Gunting benang

14.  Sudip lidah

15.  Pelvimeter obstetrik

16.  Bak instrument tertutup

17.  Vaksin carrier

18.  Thermometer anak

19.  Timbangan bayi

20.  Refrigerator, vaksin

21.  Tempat sampah medis dan non medis

8

Kompetensi Pelaksana

1.    Berpenampilan menarik (senyum, salam, sapa, sopan dan santun);

2.    Menguasai Standar Operasional Prosedur;

3.    Memiliki pengetahuan tentang perundang-undangan terkait standar pelayanan minimun dan informasi publik;

4.    Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dengan baik;

5.    Mampu berkoordinasi dengan efektif dan efisien;

6.    Memiliki kemampuan kerjasama tim;

7.    Mampu mengoperasikan komputer;

9

Pengawasan Internal

1.    Kepala Puskesmas melakukan pengawasan periodik melalui rapat bulanan maupun triwulanan dan rapat sewaktu-waktu dalam keadaan yang dianggap penting;

2.    Kepala Puskesmas melakukan pengawasan secara langsung kepada Penanggung Jawab Upaya maupun Pelaksana Program

10

Penanganan, Pengaduan, Saran dan Masukan

1.    Secara langsung melalui Tim Aduan dan Penanganan Keluhan Pelanggan di Puskesmas;

2.    Secara langsung melalui nomor telepon (0282) 497528;

3.    Tertulis dalam bentuk surat yang ditujukan kepada Kepala Puskesmas Sumpiuh I, Kabupaten Banyumas;

4.    Melalui email dengan alamat puskesmassatusumpiuh@yahoo.co.id

5.    Melalui website puskesmas1sumpiuh.banyumaskab.go.id

6.    Melalui instagram dengan alamat puskesmas_sumpiuh_i

7.    Melalui facebook dengan alamat PUSKESMAS SUMPIUH I

11

Jumlah Pelaksana

4 (dua) orang bidan

12

Jaminan Pelayanan

1.    Pelayanan dilaksanakan oleh petugas pelayanan sesuai dengan kompetensinya

2.    Petugas pelayanan melaksanakan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan dan standar operasional prosedur

3.    Dilayani oleh petugas yang memiliki sikap cerdas, integritas, profesional, ramah, tanggung jawab dan prima

13

Jaminan Pelaksana dan Keselamatan Pelayanan

1.    Produk layanan dijamin dengan petugas yang telah memiliki kompetensi

2.    Produk layanan dijamin dengan petugas melakukan pelayanan sesuai dengan standar operasional prosedur

3.    Keselamatan pasien diutamakan dalam proses pelayanan

4.    Pencegahan dan pengendalian infeksi dutamakan dalam proses pelayanan

14

Evaluasi Kinerja Pelayanan

1.    Evaluasi kinerja dilakukan melalui Survei Kepuasan Masyarakat yang dilakukan setiap enam bulan sekali, kemudian disusun laporan hasil survei kepuasan masyarakat setiap enam bulan sekali.

2.    Evaluasi dilakukan melalui rapat evaluasi yang dilaksanakan secara periodik

3.    Evaluasi dilaksanakan melalui pengawasan dari atasan langsung terkait kinerja dan kedisplinan

 

 

2. STANDAR PELAYANAN KB

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Dasar Hukum

1.    Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

2.    Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan

3.    Undang-undang Nomor 36  tahun 2009 tentang Kesehatan

4.    Permenkes Nomor 43 tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

5.    Undang-undang Nomor 36 tahun 2014 tentang Tenaga kesehatan

6.    Peraturan Bupati Banyumas Nomor 39 tahun 2014                    tentang Tarif Pelayanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah Unit  Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas

7.    SK Kepala Puskesmas Sumpiuh I Nomor 440/SK. 02/I/2019 tentang Jenis Pelayanan yang diadakan di Puskesmas Sumpiuh I

8.    SK Kepala Puskesmas Sumpiuh I Nomor 440/SK. 55/I/2019 tentang Pelayanan Klinis yang diadakan di Puskesmas Sumpiuh I

 

2

Persyaratan Pelayanan

1.    Pasien umum: kartu berobat, kartu identitas

2.    Pasien dengan Asuransi Kesehatan: kartu berobat, kartu asuransi (BPJS, KIS, JAMKESDA, dll), kartu identitas Kartu Keluarga

3.    Membawa kartu akseptor KB bagi akseptor lama.

3

Sistem Mekanisme dan Prosedur

Sesuai dengan Standar Operasional Prosedur Pelayanan KB :

1.    SOP Pemasangan IUD

2.    SOP Lepas IUD

3.    SOP Pemasangan Implant

4.    SOP Lepas IUD

5.    SOP KB Suntik

(SOP Terlampir)

4

Jangka Waktu Penyelesaian

Jangka waktu penyelesaian di pelayanan KB adalah 10 menit s/d 30 menit.

5

Biaya/Tarif

Sesuai Peraturan Bupati Banyumas Nomor 115 tahun 2021 tentang Tarif Pelayanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas

Tarif pelayanan puskesmas sumpiuh I

Keterangan : Pasien BPJS semua pelayanan kontrasepsi gratis

6

Produk Pelayanan

1.    Konseling KB

2.    Bongkar pasang IUD dan KB susuk

3.    Kontrasepsi Suntik, Pil dan kondom.

7

Sarana, Prasarana/Fasilitas

1.    Meja kursi kerja

2.    Gyn bad

3.    Bad pasien

4.    Kursi pasien

5.    Timbangan berat badan

6.    Tensimeter dan Stetoscop

7.    Seperangkat Alat kontrasepsi lengkap

8.    Sterilisator

9.    Lemari alat

10. Lemari arsip

11. Tempat sampah medis dan non medis.

8

Kompetensi Pelaksana

1.    Dilaksanakan oleh Bidan yang sudah mengikuti Pelatihan CTU

2.    Memahami dan pengalaman dalam pemasangan alat kontrasepsi

3.    Berpenampilan menarik (senyum, salam, sapa, sopan dan santun);

4.    Menguasai Standar Operasional Prosedur;

5.    Memiliki pengetahuan tentang perundang-undangan terkait standar pelayanan minimun dan informasi publik;

6.    Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dengan baik;

7.    Mampu berkoordinasi dengan efektif dan efisien;

8.    Memiliki kemampuan kerjasama tim;

9.    Mampu mengoperasikan komputer;

9

Pengawasan Internal

1.    Kepala Puskesmas melakukan pengawasan periodik melalui rapat bulanan maupun triwulanan dan rapat sewaktu-waktu dalam keadaan yang dianggap penting;

2.    Kepala Puskesmas melakukan pengawasan secara langsung kepada Penanggung Jawab Upaya maupun Pelaksana Program

10

Penanganan, Pengaduan, Saran dan Masukan

1.    Secara langsung melalui Tim Aduan dan Penanganan Keluhan Pelanggan di Puskesmas;

2.    Secara langsung melalui nomor telepon (0282) 497528;

3.    Tertulis dalam bentuk surat yang ditujukan kepada Kepala Puskesmas Sumpiuh I, Kabupaten Banyumas;

4.    Melalui email dengan alamat puskesmassatusumpiuh@yahoo.co.id

5.    Melalui website puskesmas1sumpiuh.banyumaskab.go.id

6.    Melalui instagram dengan alamat puskesmas_sumpiuh_i

7.    Melalui facebook dengan alamat PUSKESMAS SUMPIUH I

11

Jumlah Pelaksana

2 (dua) orang

12

Jaminan Pelayanan

1.    Pelayanan dilaksanakan oleh petugas pelayanan sesuai dengan kompetensinya

2.    Petugas pelayanan melaksanakan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan dan standar operasional prosedur

3.    Dilayani oleh petugas yang memiliki sikap cerdas, integritas, profesional, ramah, tanggung jawab dan prima

13

Jaminan Pelaksana dan Keselamatan Pelayanan

1.    Produk layanan dijamin dengan petugas yang telah memiliki kompetensi

2.    Produk layanan dijamin dengan petugas melakukan pelayanan sesuai dengan standar operasional prosedur

3.    Keselamatan pasien diutamakan dalam proses pelayanan

4.    Pencegahan dan pengendalian infeksi dutamakan dalam proses pelayanan

14

Evaluasi Kinerja Pelayanan

1.    Evaluasi kinerja dilakukan melalui Survei Kepuasan Masyarakat yang dilakukan setiap enam bulan sekali, kemudian disusun laporan hasil survei kepuasan masyarakat setiap enam bulan sekali.

2.    Evaluasi dilakukan melalui rapat evaluasi yang dilaksanakan secara periodik

3.    Evaluasi dilaksanakan melalui pengawasan dari atasan langsung terkait kinerja dan kedisplinan

 

.