Pelayanan Farmasi
Pelayanan farmasi di Puskesmas Sumpiuh I dilakukan oleh 2 (dua) orang petugas farmasi yang kompeten yaitu seorang apoteker Fatchan Farahdian, S.Farm., Apt., dan seorang asisten apoteker yaitu Titi Yuniati, S.Farm.
Ruang Pelayanan Farmasi Puskesmas Sumpiuh I
STANDAR PELAYANAN FARMASI
PUSKESMAS SUMPIUH I
KABUPATEN BANYUMAS
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
1 |
Dasar Hukum |
1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik 2. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan 3. Undang-undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan 4. Undang-undang Nomor 36 tahun 2014 tentang Tenaga kesehatan 5. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat 6. Peraturan Bupati Banyumas Nomor 39 tahun 2014 tentang Tarif Pelayanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas 7. SK Kepala Puskesmas Sumpiuh I Nomor 440/SK.02/I/2019 tentang Jenis Pelayanan yang disediakan di Puskesmas Sumpiuh I 8. SK Kepala Puskesmas Sumpiuh I Nomor 440/SK.55/I/2019 tentang Pelayanan Klinis di Puskesmas Sumpiuh I 9. Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian 10. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 74 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas |
2 |
Persyaratan Pelayanan |
1. Pasien umum: kartu berobat, kartu identitas 2. Pasien dengan Asuransi Kesehatan: kartu berobat, kartu asuransi (BPJS, KIS, JAMKESDA, dll), kartu identitas Kartu Keluarga 3. Pasien yang sudah diperiksa oleh dokter, dokter gigi, atau tenaga kesehatan yang ada (perawat, perawat gigi dan bidan) yang sudah mendapatkan pelatihan dan sudah diberi resep. |
3 |
Sistem Mekanisme dan Prosedur |
Sesuai dengan Standar Operasional Prosedur Pelayanan Farmasi (SOP Terlampir), meliputi: 1. SOP pemberian obat kepada pasien dan pelabelan 2. SOP pemberian informasi penggunaan obat 3. SOP pemberian informasi tentang efek samping obat atau efek yang tidak diharapkan 4. SOP petunjuk penyimpanan obat di rumah 5. SOP penggunaan obat yang dibawa sendiri oleh pasien atau keluarga 6. SOP tindak lanjut efek samping obat dan KTD |
4 |
Jangka Waktu Penyelesaian |
15 menit |
5 |
Biaya/Tarif |
Sesuai Peraturan Bupati Banyumas Nomor 115 tahun 2021 tentang Tarif Pelayanan Kesehatan pada Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas |
6 |
Produk Pelayanan |
1. Pelayanan resep 2. Pelayanan informasi obat 3. Konseling 4. Visite pasien (pasien rawat inap) |
7 |
Sarana, Prasarana/Fasilitas |
1. Alat tulis 2. Komputer 3. Rak obat 4. Lemari obat 5. Peralatan peracikan obat 6. Air minum (air mineral) untuk pengencer 7. Sendok obat 8. Bahan pengemas obat 9. Lemari pendingin 10. Termometer ruangan 11. Blanko salinan resep 12. Etiket dan label Obat 13. Buku register pelayanan informasi obat dan indikator mutu farmasi 14. Buku catatan konseling 15. Leaflet |
8 |
Kompetensi Pelaksana |
1. Berpenampilan menarik (senyum, salam, sapa, sopan dan santun); 2. Menguasai Standar Operasional Prosedur; 3. Memiliki pengetahuan tentang perundang-undangan terkait standar pelayanan minimun dan informasi publik; 4. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dengan baik; 5. Mampu berkoordinasi dengan efektif dan efisien; 6. Memiliki kemampuan kerjasama tim; 7. Mampu mengoperasikan komputer; |
9 |
Pengawasan Internal |
1. Kepala Puskesmas melakukan pengawasan periodik melalui rapat bulanan maupun triwulanan dan rapat sewaktu-waktu dalam keadaan yang dianggap penting; 2. Kepala Puskesmas melakukan pengawasan secara langsung kepada Penanggung Jawab Upaya maupun Pelaksana Program |
10 |
Penanganan, Pengaduan, Saran dan Masukan |
1. Secara langsung melalui Tim Aduan dan Penanganan Keluhan Pelanggan di Puskesmas; 2. Secara langsung melalui nomor telepon (0282) 497528; 3. Tertulis dalam bentuk surat yang ditujukan kepada Kepala Puskesmas Sumpiuh I, Kabupaten Banyumas; 4. Melalui email dengan alamat puskesmassatusumpiuh@yahoo.co.id 5. Melalui website puskesmas1sumpiuh.banyumaskab.go.id 6. Melalui instagram dengan alamat puskesmas_sumpiuh_i 7. Melalui facebook dengan alamat PUSKESMAS SUMPIUH I |
11 |
Jumlah Pelaksana |
2 (dua) orang |
12 |
Jaminan Pelayanan |
1. Pelayanan dilaksanakan oleh petugas pelayanan sesuai dengan kompetensinya 2. Petugas pelayanan melaksanakan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan dan standar operasional prosedur 3. Dilayani oleh petugas yang memiliki sikap cerdas, integritas, profesional, ramah, tanggung jawab dan prima |
13 |
Jaminan Pelaksana dan Keselamatan Pelayanan |
1. Produk layanan dijamin dengan petugas yang telah memiliki kompetensi 2. Produk layanan dijamin dengan petugas melakukan pelayanan sesuai dengan standar operasional prosedur 3. Keselamatan pasien diutamakan dalam proses pelayanan 4. Pencegahan dan pengendalian infeksi dutamakan dalam proses pelayanan |
14 |
Evaluasi Kinerja Pelayanan |
1. Evaluasi kinerja dilakukan melalui Survei Kepuasan Masyarakat yang dilakukan setiap enam bulan sekali, kemudian disusun laporan hasil survei kepuasan masyarakat setiap enam bulan sekali. 2. Evaluasi dilakukan melalui rapat evaluasi yang dilaksanakan secara periodik 3. Evaluasi dilaksanakan melalui pengawasan dari atasan langsung terkait kinerja dan kedisplinan |
.