Hari Lupus Sedunia 10 Mei 2023

Image

Hai Sobat Sehat,

Angka Kejadian penyakit tidak menular (PTM) setiap tahunnya terus meningkat, di antaranya adalah penyakit lupus. Lupus atau penyakit autoimun adalah kondisi saat sistem imunitas atau kekebalan tubuh seseorang kehilangan kemampuan untuk membedakan substansi asing (non-self) dengan sel dan jaringan tubuh sendiri (self). Kondisi ini membuat sistem kekebalan tubuh menyerang sel, jaringan dan organ tubuh yang sehat. 

salah satu jenis yang paling sering dirujuk masyarkat umum adalah Lupus Eritematosus Sistemik (LES). LES dikenal sebagai penyakit "seribu wajah" merupakan penyakit inflamasi autoimun kronis yang hingga kini belum jelas penyebabnya. LES juga memiliki sebaran gambaran klinis yang luas serta tampilan perjalanan penyakit yang beragam, sehingga seringkali menimbulkan kekeliruan dalam upaya mengenalinya.

LES dapat menyerang jaringan serta organ tubuh mana saja dengan tingkat gejala yang ringan hingga parah. Meski hingga kini faktor risiko LES belum diketahui secara jelas, namun faktor genetik, imunologik dan hormonal, serta lingkungan diduga memegang peran penting sebagai pemicu.

Kementrian Kesehatan RI mencanangkan program deteksi dini LES yang disebut dengan periksa lupus sendiri (SALURI). Yuk pelajari tanda gejala lupus di slide berikut ini :

lupus 2

 

lupus 3

Salam sehat!

.

Komentar